Profil

Selasa, 24 Juli 2012

EXPO Hari Anak Nasional Kabupaten Demak 2012


Kabupaten Demak yang terkenal dengan Kota Wali menyimpan berbagai potensi daerah dan budaya yang beraneka ragam. Salah satu wilayah yang menyimpan potensi daerah yaitu Desa Margolinduk. Desa Margolinduk terletak di wilayah pesisir Kabupaten Demak tepatnya di Kecamatan Bonang. Desa Margolinduk memiliki  kultur masyarakat yang berbeda dari masyarakat kebanyakan yang terdapat di Kabupaten Demak. Dengan kondisi geografis desa yang berdekatan dengan Laut Jawa, sebagian masyarakat Desa Margolinduk merupakan masyarakat nelayan yang menggantungkan hidupnya pada hasil tangkapan ikan di laut. ­

Dalam upaya penggalian potensi daerah di berbagai wilayah di Kabupaten Demak, Pemerintah Kabupaten Demak menyelenggarakan Kegiatan EXPO pada tanggal 18 Juli 2012. Kegiatan EXPO tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Peserta kegiatan EXPO ini terdiri dari anak-anak yang berpendidikan dasar seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan Raudhatul Athfal/ TK se-kabupaten Demak.  Dalam  penyelenggaran kegiatan EXPO ini Kecamatan Bonang diwakili Madrasah Ibtidaiyah Desa Margolinduk, SD Bonangrejo dan PAUD Desa Morodemak. Pada tahun sebelumnya Desa Margolinduk juga mengikuti kegiatan karnaval dengan tema Kehidupan Nelayan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Demak.
Dalam keikutsertaannya di kegiatan EXPO Kabupaten Demak, Madrasah Ibtidaiyah Al Mubarok Desa Margolinduk menampilkan berbagai kreativitas dan potensi unggulan yang ada di Desa Margolinduk. Kreativitas siswa-siswi MI Desa Margolinduk menampilkan produk kreasi anak-anak seperti Saus Sambal Tomat “Organic”, Serbuk Jahe Wangi “Anget Sari”, Kremes Ubi Jalar, Dendeng Manis Ikan Japuh, Ikan Kelapan krispi (goreng tepung) dan juga hasil kreasi Bantal Cantik dari Limbah Sampah. Dan berbagai produk kreasi yang ditampilkan dari perwakilan 4 siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Desa Margolinduk ini dapat menjuarai posisi III kegiatan Expo Hari Anak Nasional di tingkat kabupaten Demak yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Demak.
Meskipun dengan berbagai kendala yang ada seperti terbatasnya dana, tidak menyurutkan antusiasme pengurus dan siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Desa Margolinduk dalam kegiatan EXPO kali ini. Salah satu pengurus MI Al Mubarok Ibu Hj. Labibah mengatakan tidak percaya bisa menjadi juara III kegiatan Expo kali ini. Hali ini dikarenakan faktor persiapan yang sempit dan kurangnya modal yang dimiliki dalam persiapan mengikuti kegiatan EXPO. Hj. Labibah berkata ,” dalam penyelenggaran kegiatan EXPO kali ini, persiapan hanya dilakukan selama 2 hari jadi untuk menjadi juara di kegiatan EXPO sudah merupakan suatu kebanggaan bagi MI Al Mubarok yang mewakili Desa Margolinduk.
Kegiatan EXPO Hari Anak Nasional diselenggarakan oleh Pemkab Demak yang dalam pelaksanaannya dilaksanakan oleh Kelompok Kegiatan Madrasah (KKM) Tingkat Kabupaten. Kegiatan EXPO ini mendapat perhatian dari berbagai masyarakat khususnya dari perwakilan tiap-tiap Kecamatan di Kabupaten Demak. Pelaksanaan kegiatan EXPO ini diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat luas akan potensi daerah khususnya Desa Margolinduk. Dengan begitu potensi daerah Margolinduk dapat dikenal luas oleh berbagai kalangan masyarakat di berbagai daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar